Home / Tujuan Sekolah

Tujuan Sekolah

Tujuan Sekolah Jangka Menengah  (4 Tahun)

  1. Sekolah mampu menghasilkan  lulusan yang cerdas, kompetitif, cinta tanah air, beriman, dan bertakwa dengan kompetensi bertaraf nasional(kerja keras, disiplin, kreatif)
  2. Sekolah mampu menghasilkan kurikulum sekolah (KTSP) dan SKL  bertaraf nasional(kerja keras, semangat kebangsaan)
  3. Sekolah mampu menyelesaikan  akreditasi nasional dengan nilai A(kerja keras, disiplin, kreatif)
  4. Sekolah mampu menghasilkan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, variatif, dan berbasis TIK(kerja keras, disiplin, kreatif)
  5. Sekolah mampu menghasilkan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan, mutakhir, dan bertaraf nasional(kreatif, tanggung jawab)
  6. Sekolah mampu menghasilkan pembiayaan pendidikan memadai, wajar, transparan dan akuntabel sesuai dengan tuntutan pendidikan yang bertaraf nasional(jujur)
  7. Sekolah mampu menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan beretos kerja, tangguh, profesional, dan memiliki kompetensi bertaraf nasional(rasa ingin tahu, tanggung jawab, kreatif, kerja keras)
  8. Sekolah mampu menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah yang kokoh dan manajemen bertaraf nasional(kerja keras, mandiri, disiplin)
  9. Sekolah mampu menghasilkan penilaian pendidikan bertaraf nasional(rasa ingin tahu, tanggung jawab, kreatif, kerja keras)
  10. Sekolah mampu menghasilkan prestasi bidang akademik dan nonakademik yang kompetitif tingkat nasional(kerja keras, disiplin, kreatif).
  11. Sekolah mampu mengembangkan budaya baca, budaya bersih, budaya takwa, dan budaya sopan kepada semua komponen sekolah(religius, jujur)
  12. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, dan bersih sesuai dengan wawasan wiyata mandala dalam mendukung pencapaian prestasi tingkat nasional(peduli lingkungan,cinta tanah air)

Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun)

Tujuan situasional/sasaran yang akan dicapai SMP Negeri 2 Batu pada Tahun Pelajaran 2010/2011 adalah sebagai berikut.

  1. Sekolah meningkatkan layanan prima melalui efisiensi belanja tenaga kependidikan, barang, serta daya dan jasa.(kerja keras , jujur)
  2. Sekolah melaksanakan Akreditasi Sekolah Tingkat Nasional dengan nilai A(bekerja keras,disiplin)
  3. Sekolah meningkatkan  perolehan selisih nilai rata-rata Ujian Nasional (Gain Score Achievement/GSA) setinggi 0,25 (dari 7,25 menjadi 7,5). (kerja keras, kreatif)
  4. Sekolah mengembangkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP-SSN bertaraf nasional.(kerja keras)
  5. Sekolah meningkatkan prestasi sekolah baik akademik dan nonakademik pada tingkat provinsi, nasional.(kerja keras, disiplin)
  6. Sekolah mengembangkan Kurikulum Sekolah Standar nasional (KTSP-SSN) Dokumen 1 Dokumen II (Silabus dan RPP) untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan TIK.
  7. Sekolah mengembangkan alat/bahan/sumber  pembelajaran bertaraf nasional untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan TIK.
  8. Sekolah mengembangkan model-model proses pembelajaran dan penilaian bertaraf nasional.(kreatif)
  9. Sekolah meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan bertaraf nasional melalui peningkatan kemampuan Bahasa Inggris dan TIK.
  10. Sekolah mengembangkan sarana-prasarana atau fasilitas sekolah untuk memenuhi  kebutuhan fasilitas melalui pengadaan media pembelajaran berbasis TIK
  11. Sekolah mengembangkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif.(jujur)
  12. Sekolah melakukan penggalian sumber dana dan penggalian dana dengan mengundang stakeholders (komite sekolah/orang tua peserta didik), dunia usaha/ industri, alumni, dan melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan ekonomi bagi sekolah.
  13. Sekolah meningkatkan kualitas pelaksanakan penilaian otentik yang direalisasikan dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, dan ujian.(kerja keras)
  14. Sekolah secara bertahap melaksanakan proses penilaian bertaraf nasional sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran.
  15. Sekolah mengembangkan budaya dan lingkungan sekolah yang kondusif, nyaman, sehingga dapat berfungsi optimal sebagai sumber belajar.(peduli lingkungan)