Breaking News

LAUNCHING BULETIN YANG TERTUNDA

Mengacu pada visi misi SMP Negeri 02 Batu dalam program sekolah pada tujuan sekolah dalam Jangka Menengah dijabarkan bahwa sekolah mampu mengembangkan Budaya Baca (kemahirwacanaan/literacy). Lebih spesifik lagi diuraikan dalam tujuan Jangka Pendek di antaranya adalah 1) Sekolah melaksanakan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang salah satunya adalah Jurnalistik; dan 2) Sekolah mengembangkan budaya dan lingkungan sekolah yang kondusif dan nyaman sehingga dapat berfungsi sebagai sumber belajar dengan melaksanakan program budaya baca “MENDUNIA” (Membaca Menjenguk Dunia). Beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai perwujudan dari program budaya baca tersebut adalah (a) memberikan reward kepada peserta didik yang menghasilkan tulisan terbaik, (b) mengadakan ATK majalah dinding (mading), dan menerbitkan buletin sekolah, MENDUNIA.

            Program Gerakan Literasi Sekolah yang dilaksanakan di SMP Negeri 02 sudah menghasilkan lima penerbitan buletinMENDUNIAdengan edisi pertama terbit pada bulan Juni tahun 2016, edisi kedua terbit pada bulan Juni tahun 2017 dan edisi ketiga terbit dengan edisi khusus Sekolah Rujukan pada bulan November 2018. Edisi keempat bulan November 2019 hadir setelah pergantian Kepala Sekolah, dan kali ini edisi kelima bulan November 2020 hadir dalam warna dan nuansa Pandemi Covid 19. Masing-masing buletin yang telah terbit berisi tulisan peserta didik SMP Negeri 02 Batu. Bapak/Ibu guru juga memberi teladan dalam kegiatan literasi dengan menulis beberapa artikel, hasil penelitian, bahkan cerpen dan puisi. Selain itu wali murid juga dilibatkan dalam penulisan tersebut. Terutama di era pandemi ini, peran serta wali murid dalam pembelajaran juga tampak dalam sajian buletin di edisi terbaru ini. BuletinMENDUNIA yang telah terbit selama ini dikelola oleh peserta didik melalui Tim Jurnalistik dengan bimbingan Bapak/Ibu guru SMP Negeri 02 Batu.Berikut buletin di edisi yang dimaksud.

Mengawali tahun 2021 dilaunching buletin edisi terbaru. Hanya saja pendistribusian Buletin Mendunia yang rencananya berbarengan dengan pengumpulan rapor dan tugas-tugas peserta didik di awal semester genap ini tertunda beberapa kali penjadwalan. Hal ini seiring dengan PERDA PSBB dan saat ini disusulkembali dengan PPKMyang berdasar pada edaran Dinas Pendidikan Kota Batu tertanggal 9 Juli 2020 Nomor 420/4095/422.101/2020 sebelumnya, perihal Pedoman Proses  Belajar Mengajar. Sekolah menindaklanjuti edaran tersebut dengan menyesuaikan Kebijakan Nasional melalui Menteri Pendidikan Nasional yang telah ditetapkan. Sehingga dasar tersebut digunakan sekolah untuk menyampaikan pada wali murid tentang perubahan jadwal yang berdampak juga pendistribusian buletin terbaru yang harus ditunda. Walaupun demikian, tidak menyurutkan semangat berliterasi warga sekolah yang saat ini masih aktif dalam Pembelajaran Daring, Stay at Home. Dari awal tahun penyusunan hingga terbitnya buletin terbaru ini lebih menambah semangat untuk berkarya hingga laporan literasi sekolah atau tulisan-tulisan yang masuk ke redaksi sangat variatif dan melebihi target. Warna tulisan dalam buletin edisi terbaru ini lebih banyak dihasilkan dari kegiatan-kegiatan sekolah selama berdaring. Dengan cover yang berhead line PPDB dan MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021, Belajar di Tengah Pandemi Covid 19, Berkarya selama Pandemi, Lomba HUT RI Online, dan Tips Sehat di Kala Pandemi memberikan gambaran aktivitas sekolah selama era Pandemi Covid 19 tetap eksis dan selalu mencitrakan semangat literasi.

            Selain menerbitkan majalah Mendunia, kegiatan yang sudah dilaksanakan sekaitan dengan  Program Lliterasi di SMP Negeri 02 Batu yaitu memberikan penghargaan kepada peserta didik yang rajin membaca buku di perpustakaan. Hal ini dibuktikan dengan daftar hadir peserta didik ketika berkunjung ke perpustakaan dengan sistem  digital. Peserta didik mengetik nomer induk pada  komputer yang sudah disediakan di perpustakaan. Mereka bisa memilih buku sesuai dengan  keinginan dan difasilitasi dengan peminjaman secara gratis. Berdasarkan data tersebut maka dapat diketahui nama peserta didik yang sering berkunjung di perpustakaan sekolah. Setiap satu tahun sekali ada tiga peserta didik yang dinobatkan sebagai pahlawan literasi. Pahlawan literasi tersebut diberi piagam penghargaan berupa The Three Great Readers. Hanya saja selama pandemi Covid 19 penjaringan siswa dalam kunjungan perpustakaan masih belum bisa dilakukan terkait dengan kebijakan bahwa peserta didik masih Stay at Homedan melaksanakan pembelajaran daring. Hal itu juga seiring dengan pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan di tahun 2020 yang jugamenuntut pengelola perpustakaan SMP Negeri 02 Batu masih fokus dalam persiapan dan pembinaan perpustakaan baik di kota maupun provinsi.

            Berlanjut setelah selesai pelaksanaan  akreditasi, perpustakaan terus berbenah dengan menyiapkan mediaonline dalam pemanfaatan buku elektronik di era Pandemi Covid 19 ini. Walaupun sebelumnya dalam program wajib baca yang sudah terlaksanapeserta didik  menggunakan buku-buku literatur mandiri,saat ini mereka sudah bisa memanfaatkan Link Perpustakaan. Link tersebutada di webside sekolah smpn2batu.sch.id dan juga tertulis di cover buletin Mendunia terutama di edisi terbaru.Tentunya kita semua berharap peserta didik bisa memanfaatkan buku elektonik tersebut dalam banyak kesempatan yang tersisa dan berkarya untuk menghasilkan berbagai tulisan melalui kegiatan Program Wajib Baca yang telah dilaksanakan. Harapan yang lain Gerakan Literasi Sekolah semakin berkembang dan Buletin Mendunia bisa rutin hadir setiap tahun atau bisa satu semester sebagai salah satu motivasi peserta didik dalam berliterasi.

Anna Astuti Desember 2020