Breaking News

PAS DARING DAN LURING

Surat edaran pelaksanaan PAS Ganjil 2020 dan jadwal pengambilan soal PAS Luring sudah dishare oleh Kepala Sekolah sepuluh hari pada tanggal 27 November 2020 yang lalu melalui grup wali kelas. Dengan bersemangat dan antusias wali kelas merespon surat edaran tersebut dengan menyegerakan mengirim ke grup kelas dan paguyupan yang berharap jauh-jauh hari mereka, siswa dan wali murid bisa mempersiapkan diri menghadapi ujian yang rencananya dilaksanakan secara manual (kertas) dengan mengambil ke sekolah dalam dua tahap dan online melalui link yang dikirimkan seperti tertera dalam susulan info jadwal PAS Ganjil 2020.

          Jadwal yang tertulis di surat edaran  tersebut adalah Selasa, 1 Desember 2020 para orang tua mengambil paket soal PAS luring tahap I. Berlanjut pada hari Senin, 7 Desember 2020 paket soal yang sudah dikerjakan sesuai jadwal dikembalikan dengan pulang membawa paket soal PAS tahap II. Pada hari itu juga pukul 8.00 siswa sudah mulai mengerjakan paket soal PAS Daring dengan mata pelajaran di hari pertama, yaitu Bahasa Indonesia dan PABP yang sebelumnnya sudah diinfokan ke siswa dan wali murid melalui grup masing-masing. Hari Jumat, 11 Desember 2020 para orang tua murid harus mengembalikan paket soal tahap II yang sudah mereka kerjakan dengan pendampingan orang tua di rumah masing-masing dan pantauan wali kelas secara online.

          Jadwal yang terbagi di siswa, hari Selasa, 8 Desember 2020 mereka harus mengerjakan paket soal secara Daring dan Luring dalam waktu yang berbeda. Spesial dan super untuk pelaksanaan PAS tahun ini memang harus diikuti dua-duanya. Dengan tujuan mengevaluasi pembelajaran online yang telah mereka lampaui dalam satu semester. Masa pandemi ini memang menuntut penyesuaian dan banyak perubahan baik dalam pembelajaran maupun evaluasi. Guru dituntut kreatif, inovatif, dan mengikuti segala perkembangan yang terjadi. Demikian juga siswa harus bisa memanfaatkan momentum ini dengan menyikapi secara positif untuk lebih kreatif dalam belajar dan memanfaataan IT yang harus mereka gunakan saat ini sebagai media komunikasi, belajar, informasi, atau rekreatif.

Penulis : Anna Astuti
Guru Bahasa Indonesia SMPN 02 Batu

          Hari pertama pelaksanaan PAS dilalui dengan aman dan terkendali karena siswa diminta mengirim bukti foto saat mereka mengerjakan dengan berseragam. Berbagai pose mereka kirimkan melalui  wali kelas. Dari beberapa siswa yang mengirim ada pose yang menggunakan seragam nasional dalam pelaksanaan, padahal hari pertama bersamaan dengan hari Rabu, 2 Desember 2020 yang harusnya mereka mengenakan almamater (hijau). Akan tetapi, wali kelas dengan sabar dan telaten setia menerima foto-foto tersebut dan mengolase kiriman foto tersebut sebagai bukti fisik kegiatan evaluasi pembelajaran secara online.