Breaking News

Memahami Karakteristik Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19

Peserta didik atau konseli adalah subyek utama dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Peserta didik SMP disebut dengan masa pubertas atau remaja awal yang penuh warna dalam kehidupannya. Masa pubertas dapat diartikan seorang remaja sedang mengalami perkembangan baik secara fisik, sosial, emosi, moral, religius dan kognisi (berpikir). Aspek perkembangan ini antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama sehingga sebagai guru BK perlu mempertimbangkan karakteristik setiap peserta didik atau konseli.

Dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah, guru BK harus memahami karakteristik dan perkembangan setiap peserta didik. Memahami setiap potensi seperti bakat minat, kepribadian, kondisi fisik, latar belakang keluarga, pengalaman belajar, dan  memahami lingkungan sosial. Memahami karakteristik peserta didik bukanlah hal yang mudah dan singkat waktunya untuk merubah perilaku, namun berproses dan membutuhkan waktu. Membutuhkan support dari orang tua dan lingkungan masyarakat adalah hal yang utama dalam membentuk karakteristik  peserta didik menjadi baik atau bertingkahlaku positif. Memberikan perhatian dan sikap peduli juga dasar memahami karakteristik peserta didik.

Memahami karakteristik peserta didik di masa Pandemi Covid-19 menjadi bagian dalam layanan BK yang luar biasa. Keberadaan guru BK dan konseli tidak dapat bertatap muka karena siswa belajar di rumah menyebabkan kesulitan dalam memahami karakteristik peserta didik. Kesulitan dalam berkomunikasi, kurangnya kedekatan, tidak dapat melihat ekspresi wajah ataupun gerakan konseli, keterlibatan emosi, rasa empati dan simpati serasa tidak nyata. Proses konseling yang semestinya melibatkan konselor dan konseli dengan bertatap muka maknanya berkurang untuk di masa Pandemi Covid-19. Dengan keadaan yang serba terbatas ini di masa Pandemi Covid-19 berhentikah layanan BK untuk memahami karakteristik peserta didik?

Memahami karakteristik peserta didik di masa Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi kami sebagai guru BK. Memahami kesulitan yang dihadapi siswa, orang tua dan lingkungannya dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Sangat beragam permasalahan yang dihadapi siswa : tidak memiliki HP, tidak ada paket kuota internet, tidak ada dukungan dari orang tua, pergi meninggalkan rumah, dan bermain game atau youtube. Siswa menjadi tertekan dengan permasalahan yang dihadapinya dan peran guru BK dalam memahami karakteristik peserta didik di masa Pandemi Covid-19 tetap memiliki peran penting dalam membantu perkembangan siswa.

Memahami karakteristik peserta didik merupakan hal yang utama dalam membantu keberhasilan dan kesuksesan siswa. Memahami karakteristik peserta didik berarti kita membantu siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya. Membantu peserta didik menjadi individu yang bertanggungjawab, memiliki kematangan emosi, memiliki kepribadian yang kuat adalah amanah sebagai pendidik. Bukan hanya guru BK yang harus memahami karakteristik peserta didik, namun semua guru mata pelajaranpun semestinya memahami karakteristik siswa dalam belajarnya karena setiap peserta didik memiliki potensi (kelebihan dan kekurangan).

Jadilah Pendengar Yang Baik
Sebab dengan mendengar yang baik
Kita belajar dan mendapatkan ide-ide baru berbeda dari orang lain

Oleh : Kantiningrum, S.Pd, M.Pd. (Guru BK SMPN 02 Batu)